Senin, 03 Oktober 2016

Artificial Intelegent : Fuzzy Logic (Softskill)


Bagus Satrio Utomo - 3ka31 - 12114004

Pengertian :
Logika fuzzy merupakan pengembangan dari teori himpunan fuzzy yang diprakarsai oleh Prof. Lofti Zadeh dari University California USA, pada tahun 1965. Logika fuzzy berbeda dengan logika digital biasa, dimana logika digital biasa hanya me-ngenal dua keadaan yaitu: Ya_Tidak atau ON_OFF atau High_Low atau "1"_"0". Sedangkan Logika Fuzzy meniru cara berpikir manusia dengan menggunakan konsep sifat kesamaran suatu nilai. 

Pada Logika Fuzzy dapat memberikan suatu nilai dari nol secara kontinu sampai nilai satu. Perkembangan teori Logika Fuzzy telah menarik pakar system kendali untuk meman-faatkannya dalam pengendalian suatu sis-tem dalam bentuk alogaritma algoritma automatik yang dapat dinyatakan, seperti dalam pemakaian pengaturan lalu lintas, sistem transmisi otomatis, alat rumah tangga, industri dan lain-lainnya. 

Penggunaan pengendali Logika Fuzzy dilaporkan sangat sesuai untuk sistem-sistem yang sulit di-pahami atau diwakilkan dengan suatu model matematik yang teliti, tetapi harus ada suatu operator, dalam hal ini ma-nusia yang telah berpengalaman dan mampu me-ngendalikan sistem tersebut secara baik dan Fuzzy Logic Pendahuluan Program Studi Teknik Elektro – Fakultas Teknik – Universitas Budi Luhur 3 memuaskan, serta dapat memberikan aturan-aturan pengendalian secara kualitatif dalam bentuk kalimat-kalimat Fuzzy.


Contoh Penerapan :

  • Manajemen dan pengambilan keputusan, seperti manajemen basis data yangdidasarkan pada logika fuzzy, tata letak pabrik yang didasarkan pada logikafuzzy, sistem pemuat keputusan di militer yang didasarkan pada logika fuzzy,pembuatan games yang didasarkan pada logika fuzzy, dll. 
  • Ekonomi, seperti pemodelan fuzzy pada sistem pemasaran yang kompleks, dll.
  • Klasifikasi dan pencocokan pola. 
  • Psikologi, seperti logika fuzzyuntuk menganalisis kelakuan masyarakat,
  • pencegahan dan investigasi kriminal, dll. 
  • Ilmu-ilmu sosial, terutama untuk pemodelan informasi yang tidak pasti.
  • Ilmu lingkungan, seperti kendali kualitas air, prediksi cuaca, dll. 
  • Teknik, seperti perancangan jaringan komputer, prediksi adanya gempa bumi, dll.
Sumber : ebook : Fuzzy Logic : BAB I Program Studi Teknik Elektro – Fakultas Teknik – Universitas Budi Luhur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar