Selasa, 15 Juli 2014

10 Film Kapal Selam dan Angkatan Laut Terbaik (Bagian-1)

1. Das Boot





Das Boot (German pronunciation: [das bo t ː], yang berarti Jerman "The Boat") adalah film epic perang tahun 1981 yang ditulis dan disutradarai oleh Wolfgang Petersen, yang diproduksi oleh Günter Rohrbach, dan dibintangi oleh Jürgen Prochnow, Herbert Grönemeyer, dan Klaus Wennemann. Telah dipamerkan baik sebagai rilis teater dan sebagai miniseri TV, dan ada beberapa perbedaan versi home video dari berbagai waktu berjalan.

Das Boot merupakan adaptasi dari Novel tahun 1973 dengan nama yang sama oleh Lothar-Günther Buchheim. Set selama Perang Dunia II, film ini menceritakan kisah fiksi U-96 dan awaknya.Film ini menggambarkan antara kegairahan pertempuran dan kebosanan berburu target kapal, dan menampilkan orang-orang yang mengawaki kapal U-boat sebagai individu biasa dengan keinginan untuk melakukan yang terbaik untuk rekan-rekan mereka dan negara mereka. Skenario yang digunakan merupakan penggabungan dari eksploitasi dari kisah asli U-96, Tipe VIIC kelas U-boat.
 

 
Pengembangan Das Boot dimulai pada tahun 1979. Sejumlah direksi Amerika dipercayai mengembangkan film tersebut salama tiga tahun sebelum film itu dideselesaikan. Selama produksi film, Heinrich Lehmann-WILLENBROCK, kapten sungguhan  mantan perwira pertama  U-96 dan salah satu dari U-boat "tonase ace" Jerman selama perang, dan Hans-Joachim Krug, pada U-219, menjabat sebagai konsultan. Salah satu tujuan Petersen adalah untuk membimbing penonton melalui "suatu perjalanan ke tepi pikiran" (tagline Jerman film Eine Reise ans Ende des Verstandes), menunjukkan "tentang semua peperangan yang ada".

Diproduksi dengan anggaran sebesar 32 juta DM (sekitar $ 18.500.000), film ini dirilis pada tanggal 17 September 1981, dan kemudian dirilis pada tahun 1997 dalam versi lain yang telah dipotong beberapa adegan yang diawasi oleh Petersen. Film ini meraup lebih dari $ 80 juta ($ 208.000.000 pada tahun 2013 harga) di seluruh dunia antara rilis teater dan menerima pujian kritis. Biaya produksi yang tinggi peringkat di antara film paling mahal dalam sejarah perfilman Jerman.
  

2. Crimson Tide

Crimson tide movie poster.jpg
Crimson Tide adalah film kapal selam Amerika tahun 1995 yang disutradarai oleh Tony Scott, yang diproduksi oleh Don Simpson dan Jerry Bruckheimer. Film ini mengisahkan periode kekacauan politik di Federasi Rusia, di mana nasionalis ultra-mengancam untuk meluncurkan rudal nuklir ke Amerika Serikat dan Jepang. Film ini berfokus pada benturan kehendak antara pejabat baru eksekutif (Denzel Washington) dan kepala pasukan berpengalaman (Gene Hackman) dari kapal selam rudal nuklir, yang timbul dari interpretasi yang saling bertentangan dari perintah untuk meluncurkan rudal mereka.

Film ini dicetak oleh Hans Zimmer, yang memenangkan Grammy Award untuk tema utama, yang membuat penggunaan berat synthesizer di tempat instrumen orkestra tradisional.


3. The Hunt for Red October



The Hunt for Red October adalah film action Amerika tahun 1990 berdasarkan novel Tom Clancy dengan nama yang sama. Film ini disutradarai oleh John McTiernan dan bintang Sean Connery sebagai Kapten Marko Ramius dan Alec Baldwin sebagai Jack Ryan. Cerita fiksi diatur selama era Perang Dingin; melibatkan kapten angkatan laut Soviet nakal yang ingin membelot ke Amerika Serikat, dan seorang analis CIA Amerika secara tepat menyimpulkan keadaan itu, dan harus membuktikan teorinya kepada Angkatan Laut AS untuk menghindari konfrontasi kekerasan antara kedua negara. The ensemble pemain fitur Scott Glenn, James Earl Jones dan Sam Neill.

Film ini adalah produksi bersama antara studio film Paramount Pictures, Mace Neufeld Productions, dan Nina Saxon Film Design. Film ini didistribusikan secara komersial oleh Paramount Pictures dan oleh divisi Paramount Home Entertainment untuk pasar media rumah. Setelah dirilis luas di bioskop, The Motion Picture menominasikan dan memenangkan sejumlah penghargaan termasuk Academy Award untuk Best Sound Editing pada tahun 1991. Pada tanggal 12 Juni 1990, original soundtrack film ini dirilis oleh label musik MCA Records. Soundtrack disusun dan diatur oleh musisi Basil Poledouris.

 

The Hunt for Red October menerima sebagian besar review positif dari kritikus dan merupakan salah satu film terlaris di tahunnya, dan menghasilkan $ 122.000.000 di Amerika Utara dan lebih dari $ 200 juta di seluruh dunia dalam bisnis box office. Film ini melahirkan serangkaian sekuel sepanjang tahun yang melibatkan tokoh fiksi dari Jack Ryan. Namun, untuk peran Ryan, sejumlah aktor yang berbeda yang diberikan untuk memerankan tokoh berikutnya dari saga film; termasuk Harrison Ford, Ben Affleck, dan Chris Pine.


4. Under Siege  

 StevenSeagalUnderSiege cover.jpg

Under Siege merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1992. Film yang disutradarai oleh Andrew Davis ini pemainnya antara lain ialah Steven Seagal, Tommy Lee Jones, Gary Busey, dan Erika Eleniak. Tanggal rilisnya pada 9 Oktober 1992.

Kapal perang USS Missouri (BB-63) tiba di Pearl Harbor, di mana George HW Bush mengumumkan bahwa kapal akan dinonaktifkan di California, membuat perjalanan pelayaran terakhirnya. Casey Ryback (Steven Seagal), Chief Petty Officer ditugaskan sebagai juru masak, sedang mempersiapkan makanan dalam perayaan ulang tahun Kapten Adams (Patrick O'Neal), menentang perintah dari Komandan Krill (Gary Busey), yang memiliki makanan dan hiburan yang dibawa oleh helikopter.

 

Krill memprovokasi perkelahian dengan Ryback. Tidak dapat mengurung Ryback di penjara tanpa izin dari sang kapten, Krill Tahan Ryback dalam freezer dan menempatkan Kelautan, Swasta Nash (Tom Wood), berjaga-jaga. A CH-46 tanah helikopter di dek kapal dengan band musik, bersama dengan Playmate Jordan Tate (Erika Eleniak) dan sekelompok katering yang benar-benar sekelompok tentara bayaran yang dipimpin oleh operasi mantan CIA Bill Strannix (Tommy Lee Jones).


5. U-571  

 U-571 movie.jpg

U-571 adalah sebuah film perang tahun 2000 yang disutradarai oleh Jonathan Mostow, dan dibintangi Matthew McConaughey, Bill Paxton, Harvey Keitel, Thomas Kretschmann, Jon Bon Jovi, Jack Noseworthy, Will Estes, dan Tom Guiry. Dalam film itu, sebuah kapal selam Jerman Perang Dunia II yang dinaik seorang  angkatan laut amerika serikat yang menyamar sebagai awak kapal selam pada tahun 1942 yang berusaha menangkapnya mesin cipher Enigma.

Film ini sukses secara finansial dan umumnya diterima dengan baik oleh kritikus di Amerika Serikat  dan memenangkan Academy Award untuk mengedit suara. Plot fiktif dikritik secara substansial karena, pada kenyataannya, film itu diceritakan  seorang personil dari Inggris HMS Bulldog yang pertama kali ditangkap mesin Enigma angkatan laut (dari U-110 di Atlantik Utara pada bulan Mei 1941), beberapa bulan sebelum Amerika Serikat bahkan telah memasuki perang. Kemarahan atas ketidaksesuaian film bahkan mencapai Parlemen Inggris, di mana Perdana Menteri Tony Blair menyatakan bahwa film ini adalah "penghinaan" untuk pelaut Inggris.

Kisah asli U-571 tidak sama seperti dalam film tersebut, tidak ditangkap, dan bahkan tenggelam pada Januari 1944, dari Irlandia, ke Sunderland dengan pesawat terbang dari No 461 Squadron, Angkatan Udara Australia.

U-571 difilmkan di Laut Mediterania, dekat Roma dan Malta

2 komentar: