Rabu, 19 November 2014

Rusaknya Fasilitas Umum



Nama : Bagus Satrio Utomo
Kelas : 1KA38
NPM : 12114004
Tugas : Softskill Ilmu Sosial Dasar
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Fasilitas umum merupakan suatu kebutuhan dasar dalam kehidupan bermasyarakat. Maka fasilitas umum harus selalu dijaga dan dibersihkan agar nyaman dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Kita menyadari bahwa buruknya fasilitas umum merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang tidak mudah untuk diatasi. Beragam upaya dan program telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini, tetapi masih banyak kita temui beberapa bahkan banyak fasilitas dan pelayanan umum yang kotor dan rusak. Keluhan yang paling sering di disampaikan mengenai buruknya fasilitas umum tersebut adalah rendahnya kualitas pelayanan publik, rendahnya pengawasan dari Pemerintah, dan sistem pelayanan publik yang belum diatur secara jelas dan tegas. Maka dari itu, saya mengharapkan Pemerintah serta masyarakat lebih memperhatikan masalah ini, agar semua lapisan masyarakat dapat hidup lebih baik dengan fasilitas umum yang terjaga kebersihannya dan kerapihannya.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas dan berdasarkan fenomena ang ada, maka saya menetapkan perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan yaitu :
a.      Apakah pengertian dan karakteristik buruknya fasilitas umum?
b.      Bagaimana penyebab dan proses terbentuknya rusaknya fasilitas umum?
c.      Apa masalah yang timbul akibat buruknya fasilitas umum?
d.      Bagaiman upaya untuk mengatasi buruknya fasilitas umum?

1.3  Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah tentang buruknya fasilitas umum adalah :
a.      Untuk mengetahui pengertian dan karakteristik buruknya fasilitas umum.
b.      Untuk mengetahui penyebab dan proses terbentuknya rusaknya fasilitas umum.
c.      Untuk mengetahui masalah yang timbul akibat buruknya fasilitas umum.
d.      Untuk mengetahui upaya untuk mengatasi buruknya fasilitas umum.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Fasilitas Umum
Pengertian fasilitas umum merupakan fasilitas yang diadakan untuk kepentingan umum atau bersama. Dikatakan "fasilitas umum" karena keberadaan wadah atau tempat ini bersifat mempermudah atau memperlancar kebutuhan bersama dari kelompok atau komunitas tertentu, misalnya di bidang keamanan, komunikasi, rekreasi, olahraga, pendidikan , kesehatan, administrasi publik, religius, sosial-budaya dll. jadi arti dari buruknya fasilitas umum adalah suatu fasilitas yang dibuat untuk masyarakat umum tetapi tidak dapat dijaga dengan baik sehingga menjadi kotor, rusak dan terbengkalai. 

2.2 Penyebab rusaknya fasilitas umum
Penyebab buruknya fasilitas umum, sangat erat kaitannya dengan pemerintah dan masyarakat. Disebabkan oleh masyarakat tidak bertanggung jawab yang telah merusak fasilitas umum, serta fasilitas umum yang sudah rapuh termakan usia yang tidak dijaga. Ini dikarenakan juga karena lemahnya pengawasan dari Pemerintah, disusul rendahnya tanggung jawab moral dan penyedia jasa. Inilah yang menyebabkan rusaknya fasilitas umum, yaitu Pemerintah serta Masyarakat sendiri.

Proses rusaknya fasilitas umum dimulai dengan adanya rasa tidak tanggung jawab dari lapisan masyarakat, baik oleh kalangan manapun. Pada proses perbaikan fasilitas, diperlukannya peran Pemerintah untuk mengatasinya, namun tak sedikit dari golongan tersebut yang hanya menganggap itu hanya masalah perkotaan kecil, mudah, dan tidak segera diatasi.

Banyak sarana transportasi seperti bus, kereta api, dan kapal sudah tua dan kotor. Demikian juga fasilitas-fasilitas sosial lainnya seperti telpon umum, WC umum, tempat hiburan dan rekreasi, dan sebagainya.
Fasilitas umum memang dipelihara dan dijaga oleh pemerintah. Meskipun demikian, masyarakat harus membantu merawat dan menjaga supaya tidak cepat rusak. Kalau ada fasilitas umum yang rusak, hendaknya segera melapor ke pihak berwenang.

2.3 Permasalahan dan contoh kerusakan fasilitas umum
Masalah yang timbul sebagian besar merupakan masalah yang sudah sering terjadi di Indonesia, dan masih saja susah untuk dihilangkan. Antara lain :
·      Kemacetan
 ·     Pemukiman kumuh  
·      Pemukiman penduduk 
·      Kecelakaan
·      Bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.
·      Dan lain-lain

Dikutip dari laman  harisahmad.com berikut adalah fakta kerusakan fasilitas umum yang berada di Jakarta antara lain :
1. Telepon umum

Selama tahun 2009, dari 7000 unit yang ada di jabodetabek sekitar 1.400 unit sudah dinyatakan tidak berfungsi atau rusak. Penyebab utama kerusakan yakni rendahnya kesadaran warga dalam  menjaga dan memelihara.

2. Toilet umum

Khusus untuk toilet di terminal, hanya 10 persen dari 23 terminal di wilayah kota jakarta yang sudah punya toilet yang tertata baik.(2009)

3. Halte Bus



Pada tahun 2009, sebanyak 1000 unit halte bus kondisinya sangat mengenaskan, karena sering di manfaatkan untuk berjualan, membuka lapak, atau dijadikan sarang berkumpulnya preman jalanan.

4. Jembatan penyebarangan Orang (JPO) 

Sejumlah jembatan penyebarangan di jakarta dalam kondisi tidak terawat. Seperti jembatan dukuh atas, disalah satu bagian tangga menuju jembatan ada lubang menganga. Jembatan yang menghubungkan pemukiman warga di kelurahan Kwitang dan kebon sirih, Jakarta Pusat, rusak dan parah.

5. Taman Kota 

Sekitar 50 persen taman di jakarta utara kini dalam kondisi tidak terawat dan rusak seperti taman di daerah volker, Tanjung priuk, dan taman Rawabadak Utara. Dari presentase tersebut 20 persen  taman rusak akibat aksi vandalisme.



2.4 Upaya Untuk Mengatasi Buruknya Fasilitas Umum 
Fasilitas umum memang harus dipelihara dan dijaga oleh pemerintah. Meskipun demikian, masyarakat harus membantu merawat dan menjaga supaya tidak cepat rusak. Kalau ada fasilitas umum yang rusak, hendaknya segera melapor ke pihak berwenang. Inilah beberapa upaya yang harus dilakukan oleh warga masyarakat, yaitu : 
·         Renovasi fasilitas umum 
·         Segera melapor ke pihak berwenang jika ada fasilitas umum yang rusak 
·         Meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat 
·         Menjaga dan merawat fasilitas umum 
·         Adanya rasa kepedulian dari masyarakat 
·         Dan lain-lain


BAB III
KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan

Fasilitas umum atau pelayanan umum dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Secara umum permasalahan yang sering terjadi karena buruknya fasilitas umum adalah Kemacetan, Pemukiman kumuh, Pemukiman penduduk, Kecelakaan, Bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, dan lain-lain. Cara mengatasinya adalah dengan renovasi fasilitas umum, meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat, menjaga dan merawat fasilitas umum, adanya rasa kepedulian dari masyarakat, dan lain-lain.

3.2 Saran 
Mengingat fasilitas umum di Indonesia masih sangat jauh dari yang diharapkan hendaknya perlu diadakan evaluasi terhadap kinerja aparatur birokrasi serta infratruktur dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di tingkatkan. Diharapkan kepada pemimpin untuk melakukan pengrekrutan peagawai birokrasi untuk lebih professional karena, pegawai birokrasilah penyebab kurang berkualitasnya pelayanan yang diberikan. Untuk Meningkatkan pelayanan public di Indonesia tidak hanya diharapkan peran internal dari aparatur pemerintah tetapi harus adanya peran masyarakat. Di harapakan masyarakat lebih bekerja sama untuk mengawasi kinerja pegawai birokrasi serta melaporkan setiap adanya kejanggalan yang terjadi. Mudahan makalah ini bermanfaat dan menjadi pembelajaran untuk semua khususnya mahasiswa sabagai generasi penerus dalam memajukan Indonesia Kedepannya. 

3.3 Daftar Pustaka :
http://id.berita.yahoo.com/macet-jakarta-karena-buruknya-fasilitas-umum-20110304-001100-588.html
http://www.harisahmad.com/5-fakta-kerusakan-fasilitas-publik-di-jakarta/
http://www.hamzahsy.com/2011/11/buruknya-fasilitas-umum.html


3 komentar:

  1. tetapi sayakan ngak nanya ente-_-.
    maaf ya ini bukan tentang pengeluaran togel tapi tentang rusaknya fasilitas umum .

    BalasHapus
  2. Setuju sama ente @gabriel richard

    BalasHapus
  3. Even though public facilities are maintained and guarded by the government, what responsibility does the community have in ensuring the longevity of these facilities, and how can they actively contribute to their preservation?
    Telkom University

    BalasHapus